Rutin Bersihkan Kuas Makeup Hindari Jerawat

FOLLOW US

Rutin Bersihkan Kuas Makeup Hindari Jerawat - Ketika seorang sedang bermakeup pasti akan melibatkan alat yang berbentuk seperti kuas bulu. Kuas di dalam makeup memiliki peranan yang sangat penting. Contohnya alis, contour, bedak dan eyeshadow itu semua pasti akan melibatkan kuas. Akan tetapi apakah kalian yang memakai kuas setiap hari juga rutin mencucinya juga? Kami rasa hal itu tidak akan kamu lakukan.


Rutin Bersihkan Kuas Makeup Hindari Jerawat


Mungkin memang ada sebagian orang yang sangat perduli akan kebersihan dan membersihkannya secara rutin. Lalu bagaimana jika seseorang malas atau jarang membersihkan kuas makeup mereka? Tentu saja berbagai macam masalah akan timbul jika kuas makeup sudah kotor. Misalnya saja makeup menjadi tidak rata bahkan jerawat bisa muncul.


Kemunculan jerawat sering dikaitkan dengan kesalahan produk kosmetik. Padahal tidak selalu hal tersebut benar, kuas juga bisa menjadi faktor penyebab jerawat muncul. Setelah penggunaan pasti ada sisa makeup yang tertinggal di kuas. Nah jika ini terus dilakukan setiap hari tentu saja noda tersebut akan mengendap dan semakin banyak. 


Selain itu noda dan debu juga akan hinggap dan mengendap pada kuas. Pada saat semua kotoran menumpuk dan kuas dipakai untuk merias tentu saja akan menyebabkan faktor yang disebu sebelumnya. Oleh karena itulah sebaiknya rutin dan rajin untuk membersihkan kuas makeup. Jika kamu belum tau caranya bisa simak dibawah ini.


Begini Cara Rutin Bersihkan Kuas Makeup Hindari Jerawat

Basahi Kuas

Cara pertama untuk membersihkan kuas makeup adalah dengan meratakan kuas. Sebaiknya langkah ini dilakukan di air mengalir agar kotoran yang dibuang tidak mengendap kembali di sikat.


Tuang Cairan Pembersih

Anda dapat menggunakan sabun kumis / sabun cair, sabun bayi / sampo, atau cairan lainnya untuk membersihkan kuas makeup. Jika tersedia, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih sikat khusus berupa semprotan pembersih atau oli.


Pijat Pijat Kuas

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan kuas riasan adalah dengan menggosok kuas dengan lembut. Namun cara menggosoknya pun tidak sembarangan ya, lakukan dengan gerakan memutar. Gerakan ini akan mengangkat bagian yang tersangkut di sikat. Ulangi langkah ini sampai semua noda kosmetik dan kotoran telah hilang dari sikat kosmetik Anda. Kemudian bilas kuas dengan air mengalir hingga bersih.


Gunakan Brush Egg

Jika Anda mempunyai brush egg, lebih baik menggosokkan kuas riasan ke objek ini daripada di telapak tangan Anda. Benda ini adalah “papan cuci” untuk sikat kosmetik. Bentuknya mirip roda gerinda untuk mencuci pakaian di jaman dahulu kan? 


Tapi kalau belum punya telur sikat, bisa langsung cuci kuas makeup di telapak tangan seperti yang dijelaskan Kamini di nomor 3. Atau mau beli telur sikat? Anda benar-benar dapat membelinya secara online. Brush Egg dijual dengan harga yang cukup terjangkau di toko online.


Peras Kuas

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan kuas makeup adalah dengan meremasnya. Gunakan jari Anda untuk menekan kuas di atas kuas kosmetik hingga airnya habis. Kemudian Anda bisa menggosok kuas dengan handuk atau tisu untuk menghilangkan sisa kosmetik dari kuas jika masih ada. 


Jangan gunakan tisu wajah, apalagi tisu toilet, karena lebih rapuh dan tipis dari tisu. Anda juga bisa menggunakan media lain sebagai saputangan. Setelah Anda merasa kuas Anda benar-benar bersih, seka kuas riasan di atas handuk kertas / handuk dan tunggu hingga mengering.


Jemur Kuas

Jika Anda ingin kuas riasan Anda cepat kering, gunakan pengering kuas riasan. Kuas kosmetik juga bisa kamu gantung di rak handuk yang biasanya terdapat di wastafel dan kamar mandi atau bisa juga kamu gantung di tali jemuran. Caranya adalah dengan menggunakan karet gelang / jepit rambut ekor.

Baca Juga
LihatTutupKomentar