Amankah Ibu Hamil Pakai Cream Wajah

FOLLOW US

Amankah Ibu Hamil Pakai Cream Wajah - Naik turunnya hormon yang ada pada masa kehamilan, bisa memberikan efek baik ke kulit, yaitu pregnancy glow. Hanya saja, terkadang perubahan hormon ini pun dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit bagi ibu hamil, salah satunya pada bagian wajah.


Amankah Ibu Hamil Pakai Cream Wajah



Masalah tersebut menjadikan ibu hamil sedikit bingung untuk menggunakan produk kecantikan dan perawatan seperti cream wajah. Sehingga muncul berbagai pertanyaan mengenai amankah ibu hamil pakai cream wajah? Pasalnya kadang kala ada pula cream wajah yang mengandung merkuri sehingga berbahaya bagi kesehatan ibu dan juga janin.


Penelitian Upik Rohaya, Nurlina Ibrahim, dan Jamaluddin Pada Jurnal Farmasi Galenika (2016), penggunaan merkuri pada cream wajah tidak dibenarkan sebab bisa mengakibatkan kerusakan kulit pada area tubuh terutama wajah dan jika terpapar sinar matahari dapat berakibat pada sel dan menyebabkan kanker. Baca Juga 6 Cara Cek Kehamilan yang Bisa Dilakukan di Rumah.


Pemilihan Cream Wajah Saat Hamil

Ketika hamil, pemilihan makanan maupun obat-obatan, sampai kosmetik memang harus benar-benar diperhatikan. Sebab beberapa zat bisa berpengaruh ke kesehatan ibu maupun janin. Beberapa bahan yang ada kosmetik ini sebaiknya sangat perlu untuk Anda dihindari demi keamanan dalam kehamilan.


Produk anti jerawat yang mana memiliki kandungan, isotretinoin, asam salisilat atau salisilic acid, tretinoin dan tetracyclin

  • Produk anti penuaan yang memiliki kandungan retinoid
  • Tabir surya dengan kandungan oxybenzone
  • Pewarna kuku dengan kandungan phthalates
  •  Pewarna rambut
  • Adapalene
  • Beta Hydroxy Acid atau BHA.


Dengan begitu krim wajah dapat digunakan dan keamanan yang ada pada suatu produk bergantung dari komposisi di di dalamnya. Anda pun dapat memilih produk yang aman untuk wajah dengan mengikuti beberapa panduan terdapat di atas.  Jika beberapa kandungan di atas ada pada produk Anda maka sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan Anda dan juga janin di dalam kandungan.


Jadi mengenai amankah ibu hamil pakai cream wajah, sebenarnya aman-aman saja asalkan Anda sendiri bisa memastikan jika dalam cream wajah tidak ada kandungan yang berbahaya. Jauh lebih baik jika Anda juga melakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk memastikan apakah benar-benar aman atau tidak.

Baca Juga
LihatTutupKomentar