Cara Membersihkan Masker Sesuai Jenisnya

FOLLOW US

Cara Membersihkan Masker Sesuai Jenisnya - Masker merupakan salah satu barang wajib pada saat ini. Dikarenakan pandemi virus corona atau akrab disebut COVID-19 yang berasal dari kota wuhan, china telah menyerang seluruh dunia. Virus ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Pada dasarnya penyebaran terjadi ketika cipratan liur yang mengandung virus masuk ke dalam tubuh. Masuknya virus ini bisa melalui mata, hidung, atau tenggorokan.


Cara Membersihkan Masker Sesuai Jenisnya


Pada saat awal virus corona menyerang, masker medis sangat susah didapatkan sehingga pemerintah menyarankan kita untuk menggunakan masker kain. Penggunaan masker medis hanya dipergunakan oleh tenaga kesehatan yang harus melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19. Riset dari Cambridge University telah membuktikan bahwa masker yang terbuat dari kain katun sintetis akan bisa menghalau virus dengan efektivitas sebesar 74 persen.


Cara Membersihkan Masker Sesuai Jenisnya

Sedangkan masker yang terbuat dari kain katun alami memiliki efektivitas sebesar 69 persen. Masker kain sebenarnya memang kurang efektif untuk bisa menangkal infeksi virus jika dibandingkan dengan masker bedah atau masker N95. Akan tetapi dengan menggunakan masker berbahan kain ini adalah hal terbaik ketimbang kita tidak memakai alat pelindung sama sekali.


Cara Mencuci Masker

Agar dapat mendapatkan perlindungan yang efektif, ahli spesialis penyakit menular dari Ohio State University Wexner Medical Center memberikan saran kepada kita untuk membersihkan masker dengan cara di cuci setiap kali selesai memakainya. “Setelah memakai masker, kita harus mencuci tangan terlebih dahulu. Selanjutnya lepaskan masker dengan hati-hati agar tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut,” ucapnya.


Kalaupun akan mencucinya menggunakan mesin, segera masukan masker ke mesin cuci dan cepat cuci tangan setelahnya. Dia juga menyarankan kita untuk mencuci memakai deterjan biasa dan air hangat untuk mencuci kain masker. Setelah selesai mencuci masker, jemur masker sampai benar benar kering sendiri. “Gunakan cara yang sama agar melepas masker walapun kamu mencucinya tanpa mesin,” tambahnya.


Agar dapat membunuh dan menghanguskan virus dan bakteri sebaiknya rendam masker dalam larutan yang mengandung empat sendok teh pemutih dan satu liter air selama kurang lebih lima menit. Selanjutnya direndam dan bilas masker menggunakan air bersih dan biarkan mengering dengan sendirinya.


Masker medis

Penjelasan yang diberikan oleh Kaiming Ye, PhD, profesor departemen teknik biomedis dan direktur Center of Biomanufacturing for Regenerative Medicine di Binghamton University, State University of New York, dia menjelaskan bahwa sebenarnya jenis masker medis dibuat untuk dapat sekali pakai saja. 


Meskipun dibuat seperti itu, masker N95 masih bisa dipakai lagi dengan dilakukan disinfeksi terlebih dahulu cara benar misalnya menggunakan UVC atau uap hidrogen peroksida. “Jika masker sudah dalam kondisi kotor, sobek, atau basah, segera buang masker tersebut,” kata Ye . Jika tampak bersih, Ye menyarankan untuk simpan masker dalam wadah kertas yang tidak terkontaminasi.


Face shield

Untuk membersihkan peralatan perlindungan diri seperti face shield atau pelindung wajah, bersihkan bagian dalam terlebih dahulu menggunakan kain bersih yang sudah diberi dengan larutan deterjen netral atau lap pembersih. Selanjutnya lap bagian luar menggunakan lap disinfektan atau kain bersih yang dibasahi larutan disinfektan. Lalu bisa lap bagian luar dengan air bersih atau alkohol untuk menghilangkan residu dan biarkan mengering.


Baca Juga
LihatTutupKomentar