Apa Pengertian Serta Perbedaan Sales Dan Marketing

FOLLOW US

Apa Pengertian Serta Perbedaan Sales Dan Marketing - Perbedaan Sales Dan Marketing Yang Perlu Diketahui – Dalam dunia kerja dan dunia kehidupan pasti anda sering mendengar tentang sales dan marketing bukan? Saat anda melamar kerja atau mungkin pernah melihat beberapa perusahaan. Ada posisi yang populer didengar seperti sales,marketing,customer service,supervisor dan beberapa posisi lainnya.

Apa Pengertian Serta Perbedaan Sales Dan Marketing
Photo by Bisniz.id

Beberapa orang mengartikan bila sales dan marketing adalah bagian yang sama. Faktanya bagian sales itu adalah posisi dimana seseorang harus menjual produk dengan baik,sedangkan marketing adalah pemasaran produknya. Banyak yang mungkin masih bingung dan dilema dari kedua perbedaan ini Menjadi kedua posisi yang paling banyak membantu perusahaan,posisi ini adalah posisi yang paling banyak dibutuhkan.

Lantas mengapa masih banyak orang yang tak memahami makna dan perbedaan sales dan marketing? Oke,anda bisa memahami beberapa perbedaan sales dan marketing. Dengan mengetahui satu persatu arti dan definisi dari sales dan marketing secara terpisah dahulu. Berikut penjelasan lebih detailnya tentang sales dan marketing.

Pengertian Dan Definisi Sales

Dalam sebuah perusahaan job desk sales sendiri adalah menjual sebuah barang atau produk yang ditentukan. Setelah marketing (pemasaran) dilakukan dengan baik,team sales membuat pemasaran menjadi pelanggan. Definisi sesungguhnya ialah sales adalah posisi dimana orang tersebut menjual produk sampai laku sesuai target yang ditentukan. Adapun beberapa sales yang terkenal seperti sales obat,sales alat kesehatan,sales makanan,sales mobil,sales motor dan beberapa jenis sales lainnya.

Yang perlu diingat yaitu sales adalah orang yang menjual produk,setelah marketing selesai tugasnya. Sales bertindak langsung agar produk tersebut menjadi sold out. So,sangat berbeda sekali dari marketing (pemasaran).

Pengertian Dan Definisi Marketing

Marketing adalah posisi yang memberitahu produk yang akan dijual. Marketing akan menjelaskan secara detail tentang produk atau layanan yang akan anda jual kepada konsumen. Dengan kata lain marketing sendiri adalah team promosi sebuah produk atau layanan yang akan ditawarkan kepada konsumen. Marketing juga bertugas meriset pasar,saat produk akan dijual tentu perlu riset dahulu beberapa hal. Baik riset pasar,audience konsumen,harga produk dan beberapa pertimbangan lainnya.

Beberapa contoh pekerjaan marketing yang perlu anda ketahui yaitu seperti content marketing,social media marketing,email marketing,pemain SEO dan beberapa posisi lainnya yang menarik. So,salah sekali apabila marketing adalah hal yang sama dengan sales. Dari segi pekerjaannya saja sudah beda sekali.

Perbedaan Sales Dan Marketing

Dari Segi Rencana Sales:

  • Membuat rencana tentang penjualan yang baik dan benar.
  • Menentukan target dan proses penjualan agar berhasil
  • Merencanakan wilayah yang akan dijadikan tempat jualan
  • Membuat team penjualan yang baik agar berhasil
  • Menggunakan strategi agar penjualan laku keras

Dari Segi Rencana Marketing:

  • Menentukan sebuah produk atau layanan jasa yang akan ditawarkan
  • Meriset pelanggan konsumen yang akan membeli produk atau menggunakan layanan jasa
  • Menentukan harga produk dan jasa yang akan ditawarkan
  • Menggunakan strategi pemasaran yang baik untuk produk atau jasa yang akan ditawarkan

Strategi Sales:

  • Menggunakan konsep penjualan agar laku dan kreatif
  • Menawarkan produk yang baik kepada konsumen
  • Membuat produk laku keras sesuai target penjualan yang ditentukan

Strategi Marketing:

  • Menggunakan trik pemasaran produk secara online
  • Menggunakan trik pemasaran secara offline
  • Menggunakan trik kreatif yang efisien agar produk terkenal

So, dari beberapa perbedaan marketing dan sales dapat disimpulkan jika berbeda. Bagi anda yang sering menyebut sales dan marketing adalah pekerjaan yang sama. Anda salah sekali, karena kedua pekerjaan ini berbeda. Dan kedua pekerjaan ini banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan, karena memang saling berkaitan dan sangat berarti untuk perusahaan berkembang. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda.

Baca Juga
LihatTutupKomentar