5 Aplikasi Pemotong Video Terbaik Via PC Maupun HP

FOLLOW US

5 Aplikasi Pemotong Video Terbaik Via PC Maupun HP - Sosial media saat ini telah dipenuhi banyak sekali konten yang unik dan kreatif, baik bagi kalangan pecinta digital maupun orang awam sekalipun. Pasalnya dalam menghasilkan konten kreatif, seperti video yang diedit unik dan menarik, sudah dapat dilakukan oleh siapapun saat ini karena banyaknya aplikasi yang menyediakan layanan untuk membuat dan memotong atau membuang bagian-bagian video yang tidak terlalu dibutuhkan. 

5 Aplikasi Pemotong Video Terbaik Via PC Maupun HP

Membuang atau memotong video adalah suatu teknik yang kerap digunakan oleh pembuat konten media sosial agar dapat menghasilkan video yang menarik.

Berikut adalah 5 aplikasi pemotong video PC Gratis yang perlu anda coba

1. VirtualDub

Aplikasi pemotong video PC satu ini adalah software capture yang berlisensi di bawah GNU General Public License (GPL). VirtualDub adalah software yang cukup sederhana dan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengedit video, terutama memotong dan menggabungkan video. Meskipun sederhana, fitur dari aplikasi ini juga cukup banyak. 

Selain memisahkan atau memotong video, ada juga fitur menggabungkan, merotasi, mengkompres, menambahkan audio dan watermark, mengatur kontras video, dan lain sebagainya. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu juga memiliki fitur Deshaker untuk meredam getaran yang terjadi saat pengambilan video, sehingga video bisa lebih stabil saat diputar.

2. Lightworks

Lightworks juga salah satu aplikasi pemotong video PC yang dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengedit video, terutama untuk memotong bagian video. Video ini memiliki versi yang gratis dan juga pro berbayar. 

Versi pro berbayar tentu saja memiliki fitur yang lebih banyak dibanding yang versi gratis. Namun bukan berarti versi gratis tidak dapat digunakan dalam hal mengedit video.  Hanya saja Anda harus sering melakukan Activation secara rutin agar tetap dapat menggunakannya.

Fitur-fitur unggulan dari Lightworks antara lain proses import, export, dan render dapat dibolehkan di background, sehingga pengedit tidak harus menunggu lama karena prosesnya berjalan di background. Tersedia juga fitur multicam editing dan dapat melakukan trimming dengan cepat dan akurat.

3. Bandicut

Software Bandicut mampu memotong video tanpa encoding pada bagian-bagian tertentu dari video tanpa mengurangi kualitas asli dari video dengan cepat. Kelebihan lainnya, yaitu bisa memotong file video sebagai MP4 cutter, MOV cutter, AVI cutter, atau MPEG cutter. 

Aplikasi ini juga dapat memotong, membagi atau menggabungkan file video ke dalam beberapa segmen dan memotongnya dengan tepat pada setiap frame video yang dipilih.

4. OpenShot

Sejak tahun 2014, software ini sudah dirilis secara gratis untuk Windows 64-bit, yang sebelumnya hanya bisa dijalankan pada sistem operasi Linux. Aplikasi pemotong video PC satu ini termasuk cukup sederhana dalam penggunaannya. Selain itu, fitur-fitur dasar yang ada di dalamnya dapat digunakan dengan mudah, terutama bagi orang yang masih awam sekalipun.

5. VideoPad

VideoPad ini termasuk cocok bagi pemula karena memiliki tampilan yang sederhana dan bisa digunakan pada PC dengan spek rendah karena ukuran filenya yang ringan sebagai aplikasi pengedit video. Selain  memotong dan menyambung video, ada juga fitur yang menarik, seperti feature overlay track untuk menambah video dan membuat lebih dari satu video dalam satu layar.

Menurut kalian, dari kelima aplikasi diatas manakah yang menjadi favorit kamu, tentu setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya, meski begitu tentu saja kamu sudah pasti memiliki pilihan mana yang terbaik buat kamu, baik dari segi fungsi, fitur dan penggunaannya.

Baca Juga
LihatTutupKomentar