10 Tips Cara Memilih Layanan WordPress Hosting Terbaik

FOLLOW US

WordPress Hosting adalah Hosting yang diperuntukkan untuk pengguna WordPress. Memilih layanan hosting WordPress yang tepat dapat memengaruhi kinerja website, keamanan, kecepatan, dan pengalaman pengguna. Dalam artikel ini, saya akan membahas tentan 10 Tips Cara Memilih Layanan WordPress Hosting Terbaik dan beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih layanan WordPress Hosting untuk website Anda.


10 Tips Cara Memilih Layanan WordPress Hosting Terbaik
Photo By Unplash


Tips dalam Memilih Layanan WordPress Hosting yang Terbaik


Dalam Memilih Layanan WordPress Hosting, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, seperti:

  1. Cek Kecepatan Server
  2. Pastikan Handal dengan uptime diatas 99%
  3. Memiliki Fitur Keamanan
  4. Customer Support 24 Jam
  5. Skalabilitas Hosting yang Memadai
  6. Lihat Harga dan Paketnya
  7. Punya Pilihan Lokasi Server
  8. Menawarkan Fitur Tambahan
  9. Cek Review dan Ulasan
  10. Memberikan Trial / Uji Coba


Yuk Kita Bahas satu-persatu.


Cek Kecepatan Server

Salah satu faktor utama dalam memilih layanan WordPress Hosting adalah kecepatan. Website yang lambat saat diakses membuat pengunjung meninggalkan website Anda. Maka sangat disarankan untuk memilih penyedia layanan hosting yang menawarkan server yang cepat dan infrastruktur yang dapat mengakomodasi kebutuhan website Anda.

Pastikan Handal dengan uptime diatas 99%

Pastikan penyedia layanan hosting Anda memiliki tingkat uptime yang tinggi, idealnya di atas 99%. Tentunya Anda nggak mau kan kalau website anda sering mengalami downtime, yang berimbas kepada rendahnya minat pengunjung untuk mengunjungi website anda kembali.

Memiliki Fitur Keamanan

Keamanan adalah faktor penting lainnya dalam pemilihan layanan hosting WordPress. Pilihlah penyedia hosting yang menawarkan perlindungan keamanan seperti firewall, pemindaian malware, dan pemutakhiran tema, plugin, serta WordPress secara otomatis.

Customer Support 24 Jam

Dukungan pelanggan yang baik adalah kunci mengatasi masalah teknis dan pertanyaan terkait hosting. Pastikan penyedia hosting Anda memiliki tim dukungan yang responsif dan siap membantu Anda kapan pun Anda membutuhkannya. Anda bisa mencari ulasan dan rekomendasi pengguna sebelum memilih penyedia hosting tertentu.

Skalabilitas Hosting yang Memadai

Ada kalanya nanti anda akan mengubah paket hosting karena seiring berkembangnya website anda sehingga harus memerlukan hosting yang memadai. Pastikan penyedia hosting menawarkan opsi skalabilitas yang memungkinkan anda untuk upgrade dan downgrade hosting sesuai kebutuhan. Ini akan membantu Anda menghindari permasalahan teknis seperti kelebihan beban hosting yang mengakibatkan website tidak dapat diakses dan permasalahan lainnya.

Lihat Harga dan Paketnya

Harga adalah faktor penting dalam memilih layanan WordPress Hosting. Selalu ada berbagai pilihan paket harga, mulai dari paket standar yang menawarkan hosting murah hingga paket professional. Tentukan anggaran Anda dan cari penyedia hosting yang sesuai dengan budget anda saat ini. Pilihlah paket yang murah dan terjangkau, namun tetap perhatikan keunggulan dari paket hosting yang ditawarkan agar Anda mendapatkan hosting yang memadai.

Punya Pilihan Lokasi Server

Lokasi server web hosting dapat memengaruhi kecepatan Website Anda, terutama jika target audiens Anda berada di wilayah geografis tertentu. Selain itu juga, Lokasi server sangat mempengaruhi faktor SEO, yang mana website anda akan mudah terindeks di SERP. Pilih penyedia hosting yang menawarkan server di lokasi yang dekat dengan yang anda targetkan untuk mengoptimalkan kinerja website anda.

Menawarkan Fitur Tambahan

Perhatikan fitur tambahan yang ditawarkan oleh penyedia hosting, seperti sertifikat SSL gratis, backup otomatis, dan tools manajemen website lainnya. Fitur-fitur ini dapat mempermudah anda untuk mengelola dan meningkatkan keamanan website anda.

Cek Review dan Ulasan

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian WordPress Hosting, lakukan riset terlebih dahulu tentang penyedia hosting yang Anda pilih. Baca ulasan dan cari tahu reputasinya di komunitas online. Ini akan memberi Anda wawasan tentang pengalaman orang lain dengan penyedia hosting tersebut.

Memberikan Trial / Uji Coba

Tidak Sedikit dari Sebagian besar penyedia hosting menawarkan jaminan uang kembali, sehingga Anda dapat mencoba layanan hosting terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berlangganan. Gunakan waktu uji coba ini untuk mengukur kualitas layanan dan kinerja server.


Itulah Pembahasan tentang 10 Tips Cara Memilih Layanan WordPress Hosting Terbaik yang semoga dapat menjadi referensi untuk memutuskan layanan hosting mana yang akan anda gunakan sebagai partner bisnis online anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga
LihatTutupKomentar