Cara Mendeteksi Serangan Virus pada Komputer dan Tips Mengatasinya!

FOLLOW US

Cara Mendeteksi Serangan Virus pada Komputer dan Tips Mengatasinya! - Banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah pada PC. Serangan virus, gangguan suplai listrik, pemasangan komponen atau kabel yang tidak sempurna, serta kerusakan komponen adalah beberapa di antaranya. Dalam bagian ini, akan dibahas berbagai solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin muncul pada PC.


Cara Mendeteksi Serangan Virus pada Komputer dan Tips Mengatasinya!
Photo by canva


Cara Mendeteksi Serangan Virus pada Komputer dan Tips Mengatasinya

Harddisk tiba-tiba full

Ciri pertama dalam kasus ini adalah Operating System memberikan peringatan kalau ruang harddisk hampir penuh tanpa alasan yang jelas.

Ukuran File membesar

Ukuran beberapa file program dengan ekstensi .exe di Komputer mu tiba-tiba membesar tanpa sebab yang jelas yang mengakibatkan komputer menjadi lelet.

Harddisk Running padahal PC dalam kondisi idle

Harddisk tetap beroperasi ketika komputer tidak digunakan. berarti ada indikasi virus sehingga menyebabkan Harddisk running terus menerus.

PC atau Laptop menjadi lambat

Performa sistem operasi melambat tanpa sebab yang jelas. dikarenakan adanya penggunaan  full resource pada aplikasi tertentu.

File Hilang atau Rusak

File-file mengalami kerusakan atau hilang nggak jelas serta program aplikasi tidak bisa dijalankan.

PC atau Laptop Hang

Komputer mengalami hang secara tiba-tiba. atau saya sering mengatasi banyak kasus seperti BOSD (Blue Screen of Death) layar tiba-tiba biru dan restart.

Jika komputer kamu menunjukkan gejala-gejala seperti di atas, langkah selanjutnya adalah menggunakan perangkat antivirus untuk membersihkan sistem dari virus. Pastikan kamu mengikuti prosedur dengan benar dan memilih antivirus yang memiliki kemampuan yang memadai untuk mengatasi masalah ini. Salah satu kunci mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan update antivirus secara berkala, sehingga mampu mengenali dan mengatasi virus-virus baru.


Sebaiknya, pasang satu antivirus saja di komputer kamu. Jika antivirus tersebut tidak dapat mengatasi virus yang menginfeksi komputermu, kamu dapat mencari antivirus khusus yang dirancang untuk mengatasi jenis virus tersebut. 


Jika bingung mau beli antivirus yang berkualitas, kami rekomendasikan untuk beli Avast Antivirus Premier Full Version.

Baca Juga
LihatTutupKomentar