Review Laptop Lenovo IdeaPad gaming 3 Murah dan Kenceng

FOLLOW US

Review Laptop Lenovo IdeaPad gaming 3 Murah dan Kenceng - Biasanya laptop gaming itu memiliki desain yang gahar dan lebih mencolok. Namun tidak untuk laptop Lenovo IdeaPad Gaming 3. Laptop gaming ini memiliki body yang sederhana dan terlihat kalem.

Review Laptop Lenovo IdeaPad gaming 3 Murah dan Kenceng

Lenovo IdeaPad Gaming 3 merupakan seri laptop gaming kelas entry level dari Lenovo. Laptop ini hadir dengan spesifikasi yang mumpuni, yaitu mulai dari prosesor Intel generasi 10 dengan kode IdeaPad Gaming 3i dan AMD 4000 series dengan kode Ideapad Gaming 3, laptop ini juga dibekali Discrete Graphics NVIDIA GTX 1650ti.

Review Laptop Lenovo IdeaPad gaming 3 Murah dan Kenceng

Selain itu, harga dari Lenovo IdeaPad Gaming 3 ini dibandrol dengan kisaran 11 hingga 13 jutaan saja. Penasaran apa saja yang menarik dari laptop ini, simak ulasannya.

Desain

Yang pertama kita mulai dari desain terlebih dahulu. IdeaPad Gaming 3 dan 3i memiliki desain body dengan form factor clamshell dan material polikarbonat. Tampilannya sangat menarik dengan kontur body yang sedikit polygonal pada beberapa sudut. pada bagian pinggir terdapat logo Lenovo, logo ini juga terdapat di area palm rest sebelah kanan yang sudah menjadi ciri laptop Ideapad series. 

Dengan desain body seperti ini, Lenovo Ideapad Gaming menjadi terlihat mewah dan tidak terkesan kaku. Untuk warna pada laptop ini terdapat dua varian warna yaitu Onyx Blue dan Onyx Black. Dimensi perangkat ini memang tidak bisa dibilang tipis. Tebalnya berkisar 2,49cm, lebar 24,9cm, dan panjang 35,9cm. Sedangkan beratnya mencapai 2.08 Kg dan berat charger sebesar 490gram, jika digabungkan berat totalnya menjadi 2,75 kg. Cukup ringan untuk sebuah laptop gaming.

Display

Lenovo Ideapad Gaming 3 ini menggunakan layar panel IPS dengan ukuran 15,6 inci, serta resolusi FHD 1920x1080 pixel dan tingkat kecerahan 250 nits. Untuk refresh rate-nya menggunakan 60 Hz dan 120 Hz dengan cakupan warna di 45% NTSC.

Untuk layarnya sendiri belum mampu memenuhi kebutuhan editing foto atau video secara profesional yang butuh 100% sRGB. Namun jika pengguna membutuhkan layar yang lebih baik untuk kebutuhan editing, lebih baik menggunakan layar eksternal.

Layar perangkat ini memiliki bingkai yang cukup tipis dikanan dan kiri. Sedikit lebih tebal di bagian atas  karena untuk menyimpan kamera 720p. Untuk kameranya dilengkapi dengan privacy shutter agar aman dari para hacker yang ingin mengintip aktifitas pengguna lewat kamera laptop.

Audio

Laptop ini dibekali dengan dua buah speaker stereo dengan output 1.5W. Speaker ini dilengkapi dengan software Dolby Audio untuk pengaturan suara.

Konektor

Untuk konektornya sendiri jika dibilang lengkap ya enggak lengkap lengkap banget. Disisi kiri terdapat 1x DC-IN, 1x Ethernet, 1x HDMI 2.1, 1x USB Type A 3.2 gen 1, 1x USB Type C 3.2 Gen 1, 1x Audio Jack Combo 3.5mm. Sedangkan bagian kanan hanya terdapat 1x USB 3.2 gen 1. Sedangkan konektivitas perangkat ini sudah menggunakan WiFi AC mendukung MU-MIMO dan Bluetooth 5.0.

Keyboard-nya sendiri memiliki layout dan desain khas Ideapad Gaming. Keyboard sudah didukung backlit satu warna dan memiliki dua tingkat kecerahan. Travel Distance-nya yaitu 1.5mm. Karakter keyboarnya tidak terlalu empuk, namun cukup enak untuk dipakai bermain game dan mengetik.

Sedangkan Touchpad terletak center to spacebar dan tombol klik kanan kiri menyatu. Touchpad juga sudah mendukung windows precicion driver.

Dukungan Utilitas

Lenovo Ideapad Gaming 3 juga memiliki fitur untuk memudahkan penggunaan laptop. Seperti tombol pintasan untuk mengatur backlit dan multimedia. Lenovo juga menghadirkan software yang bernama Lenovo Vantage sebagai software monitoring sistem dan untuk pengaturan lainnya. Selain itu Lenovo juga membuat pengaturan melalui tombol pintasan untuk mengatur kecepatan kipas dari mode silent, balance, dan performance.

Spesifikasi

Seperti yang telah disebutkan diawal, perangkat ini dibekali dengan dua varian prosesor yaitu Intel generasi 10 dan AMD 4000 Series. Untuk grafisnya menggunakan GPU NVIDIA GTX 1650 4GB, dengan RAM 8 GB DDR4-3200 SODIMM Single Channel, yag tersedia dua slot SODIMM untuk upgrade menjadi dual channel. Untuk storage-nya menggunakan SSD M.2 PCIe NVMe 512GB dan tersedia satu slot M.2 tambahan.

Jika pengguna tidak mau memasang SSD M.2 kedua, pengguna dapat memasang SSD/HDD SATA 2.5 sebagai storage kedua yang kabel dan bracket storage sudah disertakan dalam paket pembelian.

Itulah Review Laptop Lenovo IdeaPad gaming 3 Murah dan Kenceng untuk rekomendasi laptop favoritmu! untuk kamu yang berada di pekanbaru. kami hadir menjual laptop seken spek berkualitas dengan harga yang terjangkau. klik Disini untuk masuk ke Group Telegram kami. semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga
LihatTutupKomentar