Cara Merekam Layar Laptop Dan Monitor PC

FOLLOW US

Cara Merekam Layar Laptop Dan Monitor PC - Biasanya merekam layar monitor dipergunakan untuk presentasi, membuat video tutorial atau mungkin ingin mengupload sebuah video di youtube dan beberapa tempat lain. Operating system Windows dan macOS support untuk menscreenshot layar pc komputer anda,walaupun ada banyak aplikasi screenshot layar tetapi lebih baik menggunakan trik ini.

Cara Merekam Layar Laptop Dan Monitor PC

Beberapa software pendukung ini dapat anda manfaatkan dengan baik dan benar, agar anda bisa mendapatkan fitur rekam layar untuk pc kesayangan anda. Daripada anda bingung, cobalah beberapa rekomendasi software perekam layar untuk pc maupun alat screenshot laptop.

Cara Merekam Layar Di Laptop Tanpa Software/Aplikasi Windows 10

  • Masuk ke menu setting windows> Windows Gaming> Game Bar >Aktifkan
  • Setelah Game Bar aktif, Tekan tombol Windows logo+G.
  • Lalu klik ikon webcam
  • Untuk mulai merekam  tekan tombol rekam
  • Untuk stop merekam klik tombol ikon kotak yang berwarna hijau.
  • Anda bisa langsung masuk ke folder Video > Captures, Untuk melihat hasil rekaman video.

Cara Rekam Layar Laptop Dengan Sofware

Merekam Layar Menggunakan ActivePresenter

Activepresenter merupakan salah satu software keren yang dapat digunakan di Windows 10 sebagai alat rekam layar untuk pc. Memiliki fitur dan efek yang keren, software ini merupakan software yang disukai banyak orang termasuk youtubers. Perekam layar editor video ini merupakan alat rekam yang canggih yang bisa dijadikan referensi oleh beberapa orang.

Untuk versi gratis dari activepresenter memiliki beberapa fitur seperti memotong, membuat rekaman video yang keren,  mengubah kecepatan dan volume, dapat menambahkan teks , efek animasi, dan yang lain. Ketika anda upgrade ke versi premium berbayar anda dapat menikmati fitur pengeditan audio dan video yang lebih canggih dari fitur sebelumnya. Software ini terdapat video dan simulasi yang keren.

Merekam Layar Menggunakan OBS Studio

OBS Studio adalah software perekaman layar gratis selanjutnya untuk merekam video dan streaming dengan mudah. Menjadi salah satu software yang digemari oleh para gamers. Software ini sangat cocok untuk anda. Dengan menggunakan OBS Studio, anda tidak hanya bisa screenshoot tampilan atau tab tetapi bisa dari kamera web dan mikrofon.

Walaupun OBS Studio adalah software keren untuk perekaman layar, tetapi OBS Studio tidak dapat mengintegrasikan editor video. Anda tetap harus menggunakan tools software lain jika anda ingin mengedit rekaman video Anda. Software ini juga terdapat open source yang terbuka bebas. Maka dari itu, apabila menggunakan software ini anda perlu berhati hati. Karena memang software ini cukup terbuka,maka dari itu jangan asal mengunjungi situs web yang tak dikenal.

Flashback Express

Flashback express merupakan salah satu software terbaik untuk screenshot, webcam, merekam layar dan beberapa hal lainnya. Anda dapat menggunakan fitur merekam layar secara terjadwal untuk memulai dan menghentikan perekaman pada waktu yang dijadwalkan atau saat software akan digunakan untuk mempublish rekaman layar. Flashback Express sendiri merupakan sebuah versi free dari software premium yaitu Flashback Pro.

Walaupun kedua software memiliki fitur rekam yang sama,tetapi versi freenya berbeda dengan versi premium. Dari segi efek,pengeditan video dan beberapa fitur lain sangat berbeda. Sebagai user kita dapat menyimpan video dalam format AVI, MP4 atau WMV dan langsung bisa mengupload video ke YouTube. Untuk pengguna premium dapat mendapatkan fasilitas menyimpan video sebagai Flash, QuickTime, GIF, atau EXE mandiri dan mengatur perlindungan kata sandi untuk video yang sudah dibuat.

So, daripada anda bingung. Anda bisa mencoba beberapa software diatas tadi untuk bisa merekam layar pada pc. Selain gratis, kita juga dapat dengan mudah mendapatkan fitur terbaik dari beberapa software yang kami jelaskan diatas tadi. Semoga dapat menjadi referensi dan bisa anda gunakan sebagai inspirasi. 

Terima kasih telah membaca artikel ini. Kini anda sudah tak bingung lagi dalam memilih software perekam layar untuk pc kesayangan.

Baca Juga
LihatTutupKomentar