Dari Squid Game, Siswa Perlu Ketahui Tips Keuangan Ini

FOLLOW US
Infopedia.web.id - Squid Game masih menjadi perbincangan di media sosial bahkan setelah beberapa minggu penayangannya. Serial ini menjadi serial Korea Selatan terpopuler di Netflix dan berhasil menduduki nomo 1 di 83 negara.

Dari Squid Game, Siswa Perlu Ketahui Tips Keuangan Ini
Dari Squid Game, Siswa Perlu Ketahui Tips Keuangan Ini

Squid game sendiri disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk yang telah direncanakan selama lebih dari 13 tahun.

Squid game berkisah tentang kehidupan 476 orang yang tenggelam dalam hutang dan putus asa karena tidak mampu membayarnya. Mereka kemudian setuju untuk berpartisipasi dan mencoba bertahan dalam enam permainan anak-anak , dimana pemenangnya anda akan mendapatkan uang dalam jumlah yang sangat besar.

Walaupun Squid Game merupakan drama yang penuh ketegangan ternyata ada pembelajaran keuangan di dalamnya. Apa saja itu? Berikut adalah tips manajemen keuangan dari Squid Game yang bisa dipelajari.

Penjelasan berikut dikutip dari situs Entrepreneur:

Tips Manajemen Keuangan


1. Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Hal ini dapat kalian lakukan dengan membatasi jajanan yang dibeli seperti rokok, minuman manis, atau menggunakan jasa yang tidak perlu. Buatlah daftar pengeluaran penting setiap bulannya. Selain itu kurangilah bermain media sosial agar tidak mudah tergiur dengan yang dimiliki orang lain.

2. Mengatur Model Keuangan

Model sederhana bagi untuk mengelola keuangan adalah dengan menggunakan aturan 50-30-20. Dengan penjabaran mengalokasikan 20% untuk investasi atau tabungan, 50% untuk kebutuhan pokok, dan 30 % untuk hiburan atau kesenangan pribadi.

3. Memiliki Dana Darurat

Dana darurat dapat diambil dari uang tabungan. Di dalam serial Squid Game beberapa karakternya menghadapi penyakit atau kasus khusus, sehingga mereka tidak dapat membiayai tanggungan keuangan yang dihadapi.

Tips Agar Dapat Melunasi Hutang

Beberapa karakter dalam drama Squid Game harus menghadapi panggilan berulang-ulang dan diganggu dengan cara apa pun agar dapat melunasi hutang. Berikut adalah tips agar dapat melunasi hutang:

1. Analisis Berapa Banyak Biaya yang Harus Dikeluarkan

Seong Gi Hun merupakan karakter utama dalam serial Squid Game digambarkan sebagai seseorang yang ceroboh. Hal ini terlihat ketika ia meminta pinjaman tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan apakah dia akan mampu membayarnya kembali.

Tentukan terlebih dahulu uang kalian miliki di kemudian hari sebelum meminjam dalam jumlah besar.

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Luangkan waktu kalian untuk bekerja ekstra atau melakukan usaha kecil yang dapat menghasilkan keuntungan. Hati-hati jangan berutang lagi untuk melunasi hutang yang lama.

3. Jangan Menggunakan Pemberi Pinjaman

Jangan menggunakan pemberi pinjaman atau perantara karena dapat menjadi penipuan. Praktik lain yang harus dihindari adalah menggadaikan atau menjual barang dan menanggung risiko kehilangan aset kita.

4. Jangan Meminjam untuk Membayar Hutang

Sebagian besar orang yang berhutang tidak bisa keluar dati kebiasaan menerima pinjaman sambil membayar yang lainnya. sehingga hanya menambah utangnya dan memperpanjang jangka waktu pembayarannya.

Nah itu tadi adalah hal tentang keuangan yang dapat dipelajari dari serial Squid Game. Sudah menonton Squid Game belum?

Baca Juga
LihatTutupKomentar