5 Etika Berkendara di Jalan Raya yang Harus Kita Perhatikan

FOLLOW US

5 Etika Berkendara di Jalan Raya yang Harus Kita Perhatikan - Tahu gak sih banyaknya pertikaian di jalan raya itu disebabkan karna kurangnya menjaga etika dan sopan santun. Hal yang paling mudah kita temui seperti membunyikan kelakson secara berlebihan, ugal – ugalan ataupun berkata kasar kepada pengendara lain. 


5 Etika Berkendara di Jalan Raya yang Harus Kita Perhatikan
photo by canva


Beberapa hal tersebut terbukti dapat menyulut emosi pengendara lainnya, bahkan ada yang berakhir dengan baku hantam antar sesama pengguna jalan. Beruntunglah sebagai Kaum Rebahan kita dibekali dengan tingkat kesabaran yang tinggi, sehingga tidak mudah terpancing emosi.


Lantas apa yang harus kita lakukan  untuk menghindari pelbagai kemungkinan buruk akan yang terjadi, penasaran kan yuk disimak 5 Etika Berkendara Di Jalan Raya Yang Harus Kita Perhatikan.


5 Etika Berkendara di Jalan Raya yang Harus Kita Perhatikan

1. Klakson Seperlunya

Membunyikan klakson secara berlebihan dapat mengganggu konsentrasi pengendara lain, terutama bagi yang baru belajar mengemudi. Karena efek yang ditumbulkan sangat mengganggu konsentrasi, tak heran pengendara lain menjadi emosi. Bijaklah menggunakan kelakson, agar konsentrasi kita dan orang di sekitar tetap terjaga tanpa adanya pertikaian dengan pengguna pengguna jalan lainnya.


2. Jangan Buang Sampah 

Membuang sampah sembarangan merupakan perilaku yang tidak layak dicontoh, selain dapat mengurangi estetika kota membuang sampah sembarangan juga bisa membahayakan pengendara lain yang berada di belakang kendaraan kita.


Coba bayangkan apabila sampah yang kita buang mengenai wajah dari pengendara tersebut, bisa jadi ia kehilangan konsentrasi parahnya bisa menyebabkan kecelakaan tunggal. Oleh karena itu berhentilah membuang sampah sembarangan, karena jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan memangnya kita mau tanggung jawab? 


Yuk mumpung masih ada waktu, kita rubah kebiasaan buruk ini, agar tidak membahayakan diri kita sendiri maupun pengendara lainnya.


3. Kurangi Kecepatan

Apabila kita memasuki jalanan yang ramai, sempit dan tidak rata sebisa mungkin untuk mengurangi kecepatan, karena dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Selain berbahaya, mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi di keramaian dapat menyulut emosi masyarakat sekitar. Jangan sampai kita menjadi bulan-bulanan masyarakat sekitar yang kesal atas ulah kita sendiri.


4. Beri Jalan 

Sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas kita juga dianjurkan untuk memberikan prioritas jalan kepada yang membutuhkan, seperti Ambulance, Pemadam Kebakaran dan Aparatur Negara. Jangan sampai kita menghambat mereka untuk sampai ketujuan, berilah mereka space untuk mendahului apabila kondisi memungkinkan. 


5. Keep Calm 

Jangan berlebihan menanggapi pengendara lain yang ugal-ugalan, bisa jadi mereka dalam keadaan tidak sadar karena pengaruh minuman beralkohol. Hal yang paling sering terjadi apabila kita memberi teguran, mereka akan lebih galak dari kita karena mereka merasa tidak bersalah.


Itulah tadi 5 Etika Berkendara Di Jalan Raya Yang Harus Kita Perhatikan. kuncinya adalah saling menghargai antar sesama pengguna jalan, dengan begitu pelbagai kemungkinan buruk dapat diminimalisir.

Baca Juga
LihatTutupKomentar