Frekuensi Service AC, Kerusakan yang Sering Terjadi, dan Jasa Service AC Pekanbaru Terbaik

FOLLOW US

AC di rumah atau di kantor rusak? Jangan buru-buru ganti baru kalau unit lama masih bisa diperbaiki? Hubungi jasa service AC Pekanbaru di PT Mulia Saudara Teknik secepatnya! Seperti kebanyakan peralatan elektronik lainnya, semakin bertambah umurnya maka ada lebih banyak masalah yang bisa terjadi sehingga membutuhkan service. Meskipun begitu, perawatan dan servis rutin pada AC bisa memperpanjang usia pakainya lho! 


Service AC Pekanbaru

Seberapa Sering Frekuensi Service Rutin pada AC?

Untuk menjaga kondisi AC agar tetap dalam status yang baik dan minim kendala, maka kamu perlu melakukan service rutin. Seberapa sering kamu perlu melakukan servis rutin dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

1. Frekuensi Pemakaian

Semakin sering AC tersebut digunakan, maka dibutuhkan perawatan yang makin sering juga. Berikut kisarannya:
  • Untuk AC yang digunakan setiap hari dan setiap malam: filter udara perlu dibersihkan dalam 2-4 minggu sekali, pembersihan rutin dapat dilakukan 4-6 bulan sekali, sementara pembersihan kimia dapat dilakukan 8-12 bulan sekali.
  • Untuk AC yang digunakan seminggu sekali, misalnya AC di ruang tertentu yang jarang dipakai: filter udara perlu dibersihkan dalam 4-6 minggu sekali, pembersihan rutin dapat dilakukan 6-8 bulan sekali, sementara pembersihan kimia dapat dilakukan per 12 bulan sekali.
  • Untuk AC yang sangat jarang digunakan misalnya hanya sebulan sekali atau bahkan kurang: filter udara perlu dibersihkan dalam 3 bulan sekali, sementara pembersihan kimia dapat dilakukan per 12 bulan sekali.
Saat sudah memasuki masa tersebut, ada baiknya Anda segera memanggil jasa service AC Pekanbaru untuk perawatan rutin. Dengan melakukan perawatan rutin, Anda bisa menghindari kerusakan yang lebih besar.

2. Suhu

Hal kedua yang mampu mempengaruhi jadwal servis rutin AC adalah suhu pemakaiannya. Saat kita menyetel suhu AC sesuai dengan kebutuhan ruangan, maka jadwal servisnya bisa mengacu pada poin sebelumnya (suhu rata-rata). Namun, untuk ruangan yang ukurannya lebih tinggi dan besar atau ruangan dengan lalu lintas tinggi seperti lobi hotel yang banyak orang keluar masuk, Anda perlu menyetel suhu yang lebih rendah. Makin rendah suhunya, maka AC tersebut akan membutuhkan perawatan yang semakin sering. Misalnya, AC yang lebih sering disetel pada suhu 20 derajat Celcius atau dibawahnya butuh service rutin lebih sering dibandingkan AC yang disetel dengan suhu rata-rata 25 derajat C.

3. Lingkungan

Makin bersih dan bebas debu lingkungannya, maka jadwal service bisa makin panjang. Beda lagi dengan lingkungan yang kerap terpapar debu. Tumpukan debu bisa saja mengendap di filter AC dan mengganggu kinerjanya, makanya kamu perlu lebih sering memanggil jasa service AC Pekanbaru untuk perawatan filter rutin.

4. Umur

Umur AC sendiri memiliki pengaruh yang besar terhadap jadwal servis rutin. AC yang usianya sudah tua, seperti AC diatas 3 tahun pastinya butuh service yang lebih sering. Komponen AC yang sudah bertahun-tahun digunakan pastinya akan lebih mudah aus dan butuh perawatan lebih ekstra. Bahkan, terkadang Anda harus melakukan pergantian suku cadang yang menelan lebih banyak biaya.

Kerusakan yang Sering Terjadi pada AC

Selain service rutin, Anda mungkin harus melakukan service AC Pekanbaru di luar jadwal service. Alasannya karena ada beberapa masalah yang terjadi pada AC tersebut, berikut ini ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada AC:

1. Air AC Menetes

Salah satu permasalahan klasik yang kerap terjadi pada AC lama adalah adanya tetesan air. Hal ini menyebabkan genangan air di jalur pipa pembuangan AC atau di AC itu sendiri, air akan terus-menerus menetes. Hal ini dapat diakibatkan oleh penyumbatan di saluran evaporator (pembuangan AC) atau karena kekurangan freon. Tetesan pada AC juga dapat disebabkan oleh proses kondensasi dimana suhu dalam ruangan dan luar ruangan yang berbeda. Hal ini biasanya terjadi pada AC dengan usia >5 tahun.

2. AC Tidak Dingin

Masalah kedua yang sering dihadapi adalah AC jadi tidak dingin sehingga ruangan tetap terasa panas. Perubahan suhunya tidak terasa bahkan setelah Anda menurunkan suhu AC-nya lagi sampai dibawah 20 derajat Celcius. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan AC tidak dingin, yakni: adanya kebocoran pipa, kekurangan freon, dan beragam kerusakan komponen lainnya. Kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran ruangan dengan PK AC yang digunakan. Ruangan yang lebih besar memerlukan AC dengan PK yang lebih besar atau lebih dari 1 AC dengan PK kecil agar tetap terasa dingin dan sejuk.

3. AC Mengeluarkan Bau yang Tidak Sedap

Terkadang ada bau tidak sedap yang tercium dari AC tersebut, bisa berupa bau yang menyengat atau bahkan bau seperti benda yang gosong. Bau ini dapat disebabkan oleh adanya kabel internal yang terbakar, adanya jamur dan bakteri yang menumpuk di filter AC dan sejenisnya. Jika hal ini terjadi, segera panggil jasa service AC Pekanbaru dari PT Mitra Saudara Teknik untuk dilakukan perbaikan.  Bau yang keluar dari AC bisa menyebar keseluruh ruangan dan mengganggu kenyamanan penghuni.

4. AC Berbunyi Bising

Pernahkah kamu melihat AC yang berbunyi berisik? Hal ini mungkin bisa mengganggu konsentrasimu. Suara bising dari AC ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari: AC yang terlalu lelah, sekrup yang longgar, ada sparepart yang patah, penyangga yang salah posisi, hingga kerusakan pada kompresor. Sebelum kerusakan semakin menjalar, segera lakukan service.

5. Error

Seperti peralatan elektronik lainnya, AC juga bisa error lho. Misalnya, tidak bisa dinyalakan atau dimatikan, tidak bekerja optimal, atau ada tampilan kode “Error” yang muncul. Penyebab umum error pada AC adalah adanya kebocoran, jika tidak segera memanggil jasa service AC Pekanbaru maka kerusakan bisa jadi semakin parah. Untuk AC yang menampilkan kode error, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya. Pertama, matikan AC dan lepaskan sambungannya pada listrik. Periksa bagian refrigerant, periksa sensor AC, dan papan PCB unit AC untuk menemukan masalah.

6. AC Bocor

Kebocoran pada AC tidak hanya tentang air yang menetes, namun juga bisa terjadi akibat kebocoran gas. Kebocoran gas ini terjadi pada instalasi jalur gas freon yang diselimuti oleh pipa sanitasi. Ketika hal ini terjadi, maka gas chlorofluorocarbon atau freon akan keluar dan menyebar dalam ruangan. Saat terhirup oleh manusia, gas ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pada mata, hidung, tenggorokan, hingga lidah. Sebelum bertambah buruk, segera hubungi jasa service AC Pekanbaru terdekat!

Jasa Service AC Pekanbaru Terbaik dari PT. Mitra Saudara Teknik

Butuh jasa service AC? Konsultasikan pada ahlinya yakni PT Mitra Saudara Teknik Pekanbaru! Dengan pengalaman selama 15 tahun, kami mampu memenuhi seluruh kebutuhan Anda dengan pengalaman dan tenaga ahli yang sudah sangat profesional dalam bidangnya. PT Mitra Saudara Teknik telah dipercaya untuk menangani berbagai proyek instalasi tata udara, mulai dari HeatingVentilating, dan Air Conditioning. Telah berpengalaman dalam melayani konsumen perseorangan, rumah sakit, apartemen, industri, pemerintahan, perumahan, dan rumah ibadah.

Melayani berbagai jasa service AC, kulkas, hingga mesin cuci di area Pekanbaru dengan lingkup pelayanan di kawasan: Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Rumbai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kecamatan Payung Sekaki, Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Sail, Kecamatan Pekanbaru Kota, dan Kecamatan Lima Puluh.

Pelayanan profesional, terbaik, respon cepat, dan harganya bersahabat. Hubungi PT Mitra Saudara Teknik Pekanbaru di 081312440090 (WhatsApp/Telepon).

Baca Juga
LihatTutupKomentar